Youtube Umumkan Pemakai iOS Rasakan Feature PiP

YouTube barusan mengumumkan pemakai iOS juga akan merasakan feature PiP (picture-in-picture).

Feature ini memungkinkan pemakai untuk selalu melihat video YouTube berbentuk mini-player, hingga bisa terhubung hal yang lain berada di pirantinya.

Diambil dari 9to5Google, Minggu (20/6/2021), feature PiP YouTube ini mulai berlaku untuk pemakai iPad.

Tetapi berdasar pencarian, feature ini akan digelontorkan dengan bertahap ke beberapa pemakai lebih dahulu. Google belum ungkap agenda peluncuran feature PiP untuk semua pemakai iOS.

BACA JUGA  Realme 8 5G, Smartphone Paling Murah

Awalnya feature model gambar-dalam-gambar (picture-in-picture) ini telah dipasangkan di iOS 14, feature ini memungkinkannya pemakai untuk tampilkan jendela program lain secara bersamaan. Misalnya saat Anda buka Whatsapp dapat sekalian buka browser atau program lain tampil di monitor iPhone.

Dapat multi tasking, tugas atau keperluan Anda dapat terselesaikan dengan gampang dan ringkas melalui feature ini. Sayang Anda tidak dapat nikmati feature picture in picture saat menjalankan YouTube di iOS 14 tersebut.

BACA JUGA  Inilah 5 TV Android Dengan Harga Murah, Ga Sampe 3 Juta-an

Tetapi fitur ini ternyata hanya memberinya support video YouTube yang dicapai dari browser Safari, yang memungkinkannya pemakai melihat video di jendela kecil saat lakukan hal-hal lain di iPhone.

Karenanya dengan dukungan yang resmi dari YouTube, fitur ini dapat dicapai oleh semua pengguna.

Apple membawa PiP ke iPhone tahun kemarin sebagai sisi dari iOS 14. Banyak program streaming video telah memberikan dukungan feature itu, terhitung Netflix, Twitch, Amazon Prime Video, Disney+, dan Apple TV. Walau sudah memberikan dukungan PiP di Android semenjak 2018, YouTube sudah jadi penunjang khusus di iOS sampai berbeda cara.

BACA JUGA  Realme Siapkan Rangkaian AIoT Baru, Intip Isi Kotak Penjualannya

Untuk mengaktifkan PiP di YouTube, pemakai bisa terhubung dan memutar video di program dan memakai gerakan usap untuk kembali lagi ke monitor Home.

Video terus akan diputar dalam pemutar mini yang bisa dipindah ke beragam sisi monitor dengan menariknya, atau mengganti ukuran pemutar dengan gerakan cubit dengan 2 jemari.

YouTube Premium masih diperlukan di piranti Android dan iOS untuk memungkinkan video YouTube bisa diputar di background, walau cuman audionya saja.

BACA JUGA  Logitech G Luncurkan G335 Wired Gaming Earphone

Penting diingat jika pada piranti Android, pemakai tidak harus sebagai anggota YouTube Premium agar bisa nikmati feature PiP ini.

YouTube menyebutkan mulai menggelindingkan PiP untuk anggota YouTube Premium di iOS, dan merencanakan untuk mengeluarkan PiP untuk semua pemakai iOS di Amerika Serikat (AS).

Di lain sisi, YouTube barusan mengeluarkan feature baru namanya Shorts di platform-nya bulan kemarin. Feature baru ini memungkinkan kreator mengupload video pendek yang diperlihatkan secara vertikal dan disebut sebagai kompetitor TikTok.

BACA JUGA  Ulasan Samsung Galaxy A32: Detail Oke Berkreatifitas Sesuka Kalian

kedatangan feature itu, YouTube sekarang umumkan permodalan untuk para kreator yang dapat mencetak video hit di Shorts. Diambil dari NDTV, Minggu (16/5/2021), dana yang digulirkan capai USD 100 juta (Rp 1,4 miliar).

Adapun permodalan yang dinamakan YouTube Shorts Fund ini mulai akan dialokasikan untuk para kreator mulai 2021 sampai 2022. Dana ini nanti akan diberi untuk video di Shorts dengan engagement terbanyak dari pemirsa.

BACA JUGA  Xiaomi Redmi 10S sah di-launching, Juara baru kelas menengah dengan Super AMOLED dan camera 64MP

YouTube menjelaskan program ini tak terbatas untuk para konten kreator yang berada di YouTube Mitra Program . Maka, kreator yang membuat content original di Shorts dan penuhi ketetapan pedoman komunitas bisa berperan serta.

Pendekatan Baru YouTube ini, di mana shorts sebagai langkah baru melihat dan berkreatifitas di YouTube, ambil pendekatan baru berkenaan langkah memonetisasi dan memberinya penghargaan untuk para kreator atas content mereka,” catat YouTube berkenaan program ini.

BACA JUGA  Realme Launching Air Purifier dan TV Android 4K Buat Menemani Semasa PPKM

Untuk dipahami, YouTube Shorts sendiri sekarang ini baru bisa dijangkau pemakai di Amerika Serikat dan India. Info selanjutnya tentang program ini akan dipublikasikan dalam beberapa minggu ke depan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *