Kenapa Pinjol Dapat Tahu Nomor Telpon Rekan Sang Peminjam Uang?

Warganet di Indonesia digemparkan dengan informasi kematiannya H (25), seorang pegawai bank perkreditan di Bojonegoro, yang menggantung diri karena terlilit hutang di lima penyuplai utang online (pinjol) berlainan.

Service utang online alias pinjol memang jadi alternative yang sedang populer untuk memperoleh utang uang dengan cepat dan mudah.

Jika tidak siaga dan jeli, pemakai bisa jadi terjerat memakai service pinjol ilegal. Resikonya, pemakai kerap kali tidak berhasil bayar dan terbelit hutang dengan bunga tinggi.

BACA JUGA  Jangan Install Aplikasi WhatsApp "Kawe"

Belum juga, ada beberapa service pinjol yang kerap meminta hutang dengan mengancam dan tidak sesuai dengan norma. Bahkan juga sampai mengancam rekan-rekan sang peminjam.

Dia menceritakan, awalnya dia pernah dikontak oleh pinjol lewat chat WhatsApp, didalamnya berbentuk photo diri dan KTP punya temannya yang hutang di pinjol. Disamping itu, pinjol itu mengikutkan pesan yang mengata-ngatai temannya sebagai maling.

BACA JUGA  Window 11 Bisa Jalankan Aplikasi Andorid

Berkaitan permasalahan ini, warganet Indonesia menanyakan, bagaimana pinjol dapat menghubungi rekan-rekan sang peminjam.

Kok dapat ya, mereka tahu nomor kita gtu sbagai kontak yang berada di daftar teman ia ya?

Beberapa warganet yang lain menjawab, pinjol dapat mengancam rekan sang peminjam, karena nomor telephone temannya itu didaftarkan sebagai contact genting oleh sang peminjam.

BACA JUGA  Apa Itu FYP di TikTok Lalu Bagaimana Langkah Kerjanya? Simak Selengkapnya

Jika contact rekan sang peminjam didapat karena program pinjol memperoleh akses ke dalam daftar contact rekan di handphone peminjam, demikian program pinjol di-install.

Ada juga warganet yang menjelaskan, jika contact rekan itu sudah jadi agunan oleh sang peminjam.

Bahkan juga DC (Desk Collector) dapat nipu juga dengan ngomong jika kita jadi contact genting walau sebenarnya tidak

BACA JUGA  Langkah Memangkas Video Tanpa Program Di Android

Berkaitan pinjol yang dapat terhubung contact sang peminjam ini, Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi turut mulai bicara.

Dalam sebuah utas di account Twitter dengan handle @ismailfahmi, dia mengutarakan, Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) sudah menyaratkan program pinjol legal cuman bisa terhubung “Cemilan” alias kamera, microphone, dan location saja di handphone pemakai.

BACA JUGA  Ada BabyTKO, Program Transaksi bisnis Token Kripto di Indonesia

Untuk program pinjol ilegal sendiri, Ismail mengaku jika mereka memang terhubung data pemakai yang lebih kronis. Dia memberinya contoh salah satunya program pinjol ilegal namanya Gudang Tunai.

Ada pinjol yang comply (patuhi) dengan persyaratan itu. Tp ada pula yang mengambil data lebih. Contoh ini, tweet Ismail

Data berlebihan yang diambil ini memungkinkannya program pinjol untuk membaca kisah semua URL yang sudah didatangi pemakai di browser, membaca bookmark di browser, sampai menyaksikan jaringan WiFi pemakai.

BACA JUGA  Instagram Bakal Bikin Konten Berbayar di Stories

Jika pinjol illegal memang lebih kronis. Mereka mengambil: kontak history, kontak card, penyimpanan (photo, video), phone call, camilan… tweet Ismail (27/8/2021).

Dalam tangkapan monitor yang diikutkan Ismail dari situs APK Fun, program pinjol ilegal Gudang Tunai bisa saja agar bisa membaca info individual pemakai, terhitung membaca contact yang ada dalam piranti pemakai.

BACA JUGA  Apple Dikabarkan Jual Iphone Versi Murah, Iphone 13?

Ijin ini memungkinkannya program untuk simpan data contact Anda, dan program beresiko bisa membagi data contact tanpa setahu Anda, catat Gudang Tunai, seperti diambil dari situs APK Fun.

Karena ada akses ini, memungkinkannya program untuk membaca data mengenai contact pemakai yang ada dalam piranti, terhitung frekwensi pemakai menghubungi, mengirimi e-mail, atau berbicara dengan lain dengan pribadi tertentu.

BACA JUGA  Pasar Intel Dipresiksi Anjlok Oleh Apple Silicon

Itu kenapa pinjol dapat memperoleh contact bahkan juga mengancam rekan sang peminjam.

Jika terima intimidasi untuk ngingetin contact yang pinjem di pinjol spt ini, dikunci saja, kicau Ismail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *