3 Panduan Tepat Mengoptimalkan Asuransi untuk Investasi

Investasi tidak terus-terusan saham, reksadana, deposito, emas, dan property. Rupanya asuransi yang arah intinya sebagai perlindungan atau pelindung diri dapat menjadi investasi.

Supaya investasi berbentuk asuransi jadi optimal, berikut panduan yang dapat dilaksanakan

Lirik asuransi unit link
Asuransi unit link ialah tipe asuransi yang memadukan dua produk, yaitu asuransi dan produk investasi . Maka, asuransi unit link sebagai produk asuransi yang memberikan faedah pelindungan sekalian investasi.

BACA JUGA  3 Alternatif Investasi dengan Modal Rp 10.000

Asuransi unit link benar-benar cocok untuk kamu yang menyenangi investasi periode panjang dan berniat tingkatkan kekayaan. Kamu akan memperoleh dua keuntungan sekalian pada sebuah polis.

Dalam faedah investasi ini, perusahaan asuransi jamin uang kontan bila nasabah bayar premi secara stabil. Kamu bisa pilih investasi berdasar keperluan atau profile resiko Anda.

BACA JUGA  Saat sebelum Investasi, Ketahui 4 Ketidaksamaan Reksadana dan Saham Berikut

Dapat berbentuk reksadana saham, reksadana kombinasi, reksadana penghasilan rutin, reksadana pasar uang, atau surat bernilai syariah.

Selainnya keuntungannya, unit link mempunyai resiko. Satu diantaranya pengurangan nilai investasi saat asuransi unit link jatuh termin hingga membuat kamu rugi.

Perlebar faedah pertanggungan
Asuransi memanglah bukan investasi, tapi faedah periode panjang berikut yang membuat serupa investasi. Sama untuk masa datang.

BACA JUGA  1 Lot Berapakah Helai Saham? Berikut Penuturannya

Makin kamu berasuransi dalam periode panjang, semakin uang banyak pertanggungan yang diterima. Faedah pertanggungan asuransi pada intinya terbatas.

Seharusnya perlebar faedahnya supaya lebih beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh. Contoh, asuransi kesehatan untuk sakit biasa, diperlebar dengan faedah pertanggungan penyakit krisis.

Atau asuransi mobil untuk kecelakaan saja, diperlebar dengan faedah pertanggungan musibah alam. Peluasan faedah ini akan membuat kamu bayar premi tambahan.

BACA JUGA  Cara Cepat Daftar BPJS Kesehatan Online Ga Pake Antri

Tetapi dengan peluasan faedah itu, kamu akan mendapatkan ketenangan lengkap dalam periode panjang. Satu diantaranya dalam meminimalkan rugi atas resiko yang terjadi.

Teratur bayar premi
Panduan yang paling akhir ialah teratur bayar premi supaya asuransi masih tetap aktif atau gagal. Dengan demikian, kamu dapat nikmati faedah yang tertera dalam polis.

BACA JUGA  Mencuplik Ketidaksamaan Reksa Dana di Jaman Old Economy versi New Economy

Bila kenyataannya tidak aktif gara-gara kamu telat atau menunggak premi, karena itu hakmu automatis ditarik. Kamu tidak bisa lakukan claim atas rugi yang dialami.

Karena itu, disiplin membagikan uang sesudah terima upah untuk pembayaran premi asuransi. Jika perlu gunakan autodebet, automatis langsung dipotong dari saldo rekening untuk premi asuransi.

Asuransi sekalian investasi yang dikenali dengan unit link mempunyai kekurangan dan kelebihan, diantaranya:

BACA JUGA  1 Lot Berapakah Helai Saham? Berikut Penuturannya

Kelebihan Asuransi Investasi
1. Faedah bisa diperlebar kapan pun
Asuransi investasi memiliki kelebihan bisa diperlebar faedahnya kapan pun. Langsung bisa disamakan dengan keperluan dan keadaan keuanganmu. Dengan 1 produk asuransi investasi, kamu dapat mendapatkan faedah double.

2. Periode waktu pertanggungan panjang
Asuransi yang ada faedah investasinya tawarkan periode waktu pertanggungan yang lebih panjang dibanding asuransi lain. Periode pertanggungan sampai umur 100 tahun.

BACA JUGA  Saat sebelum Investasi, Ketahui 4 Ketidaksamaan Reksadana dan Saham Berikut

Berikut mengapa asuransi investasi bisa dipakai sebagai investasi periode panjang. Tapi kembali lagi, periode waktu pertanggungan bergantung peraturan masing-masing perusahaan asuransi.

3. Preminya tidak hangus
Bila selama saat kontrak polis tak pernah ajukan claim, karena itu premi yang dibayar tidak hangus. Preminya malah akan dibalikkan sama sesuai ketetapan perusahaan.

Ini berlainan dengan asuransi murni. Jika tidak ada claim selama saat kontrak, preminya automatis hangus.

BACA JUGA  Cara Cepat Daftar BPJS Kesehatan Online Ga Pake Antri

4. Menambahkan nilai investasi
Untuk yang telah melakukan investasi di instrument lain, kehadiran asuransi ini automatis menambahkan nilai investasi punyamu. Nilai ini juga terus akan semakin bertambah bersamaan performa portofolio itu.

Oleh karena itu, membeli asuransi investasi di perusahaan yang sehat dan tercatat sah di Kewenangan Jasa Keuangan (OJK). Disamping itu, mempunyai integritas baik pada mengurus dana asuransi investasi supaya menghindari dari penipuan yang bisa menggali habis uangmu.

BACA JUGA  Mencuplik Ketidaksamaan Reksa Dana di Jaman Old Economy versi New Economy

5. Dana bisa diambil kapan saja
Asuransi investasi benar-benar fleksibel. Uang atau premi yang didistribusikan jadi investasi bisa diambil kapan saja. Juga bisa lebih dana.

Kamu dibolehkan mengubah uang investasi ke instrument yang lain. Penarikan atau peralihan ini tidak lalu membuat status asuransi tidak aktif atau kurangi faedah yang kamu peroleh.

BACA JUGA  3 Alternatif Investasi dengan Modal Rp 10.000

6. Dapat cuti dari kewajiban
Tidak seperti asuransi murni yang jika preminya tidak dibayarkan, karena itu status polisnya dapat tidak aktif. Dalam asuransi investasi, kamu bisa cuti dari kewajiban bayar premi karena argumen tertentu.

Walau cuti, kamu dapat terus nikmati faedahnya dan mendapatkan informasi-informasi berkenaan produk asuransi investasi yang berkaitan.

BACA JUGA  3 Alternatif Investasi dengan Modal Rp 10.000

7. Mempermudah dalam melakukan investasi
Kamu tidak harus kuasai pengetahuan investasi untuk beli produk asuransi investasi. Karena, uang yang diinvestasikan nanti akan diatur oleh manager investasi yang dipilih oleh perusahaan asuransi . Maka, kamu hanya duduk manis dan nikmati hasilnya.

Kekurangan Asuransi Investasi
1. Nilai perlindungan kurang optimal
Ada pendistribusian premi untuk asuransi dan investasi automatis kurangi nilai perlindungan yang kamu peroleh. Bila pada asuransi murni kamu dapat memperoleh perlindungan Rp 500.000 setiap hari, dalam asuransi investasi nilainya dapat cuman Rp 250.000 setiap hari.

BACA JUGA  1 Lot Berapakah Helai Saham? Berikut Penuturannya

2. Ongkos premi tambah mahal
Ingat faedahnya double, karena itu premi yang dibayar tambah mahal dari asuransi murni. Ongkos premi paling rendah untuk asuransi unit link sekitaran Rp 450.000 /bulan. Sedang untuk asuransi murni, masih tetap ada premi sekitaran Rp 200.000 sampai Rp 300.000 /bulan.

Bandingkan Faedahnya dengan Keadaan Keuangan

BACA JUGA  Saat sebelum Investasi, Ketahui 4 Ketidaksamaan Reksadana dan Saham Berikut

Ingin membeli asuransi murni atau asuransi investasi, bergantung keperluan dan keadaan keuangan semasing. Bila kamu tidak mau repot pisahkan asuransi dan investasi, asuransi investasi bisa saja opsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *