Mari Kita Mengenal Aplikasi Google Classroom

Sebagai guru atau siswa, penting buatmu untuk ketahui apakah itu Aplikasi Google Classroom dan manfaatnya. Masalahnya Google Classroom ialah basis yang hendak benar-benar memudahkan proses edukasi online. Kemungkinan sejauh ini kamu tidak asing dengan Google Docs, Google Sheets, dan service lain dari Google.

Nach, Apliaksi Google Classroom lebih kurang mempunyai peranan yang serupa, tapi diperkembangkan khusus untuk edukasi jarak jauh.

BACA JUGA  Cara Daftar Mobile banking di Aplikasi Bank BRI

Apa kamu seorang guru, panduan, atau siswa yang mencari basis untuk memudahkan proses evaluasi? Yok, baca selanjutnya!

Apa Itu Aplikasi Google Classroom?

Sama seperti yang telah disebut sebelumnya, Google Classroom ialah basis gratis berbasiskan situs yang dibikin untuk memudahkan aktivitas evaluasi pengajar dan siswa.

Merilis Google for Education, Classroom memungkinkannya beberapa guru untuk atur dan memandang perkembangan siswa-muridnya sekalian masih tetap tersambung darimanakah juga.

BACA JUGA  Aplikasi Belanja Online

Karena berbasiskan situs, basis ini secara automatis telah terpadu dengan service Google Suite for Education yang lain seperti Gmail, Google Docs, dan Google Calendar. Beberapa siswa dapat terima dan kumpulkan pekerjaan langsung di Classroom, begitupun beberapa guru.

Service ini bisa benar-benar kurangi pemakaian kertas dan memudahkan proses evaluasi, apa lagi bila dilaksanakan secara jarak jauh.

BACA JUGA  10 Aplikasi Tema di Android 2021

Feature yang Berada di Dalamnya

Sesudah ketahui apakah itu Google Classroom dan arah service ini dibikin, tentu kamu ingin tahu berkenaan feature didalamnya, kan?

Berikut ialah feature yang ada pada Classroom, dipisah berdasar faksi yang memakainya, dan disarikan dari Google Dukungan.

Feature untuk guru

Peranan pertama kali yang bisa dipakai oleh beberapa guru dalam Google Classroom ialah membuat kelas, memberi pekerjaan, dan lakukan penilaian tanpa memakai kertas.

BACA JUGA  9 Aplikasi Gambar Android Gratis 2021

Guru dapat menambah materi dari YouTube, survey Google Forms, dan document yang lain berada di Google Drive, dan lakukan sesion bertanya jawab dengan siswa.

Mereka bisa juga memberi undangan ke wali dan orangtua untuk menyaksikan ringkasan berdasar hasil evaluasi anak dan beberapa tugas yang kemungkinan diberi.

Karena tersambung lewat internet, semuanya dapat dilaksanakan secara real-time. Maka sejumlah fitur yang ada pada Google Classroom benar-benar memudahkan tugas guru.

BACA JUGA  8 Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark di HP

Feature untuk siswa

Siswa bisa ketahui langsung pekerjaan yang diberi dan mengumpulkannya, langsung di Classroom. Mereka bisa juga memeriksa hasil penilaian dari gurunya.

Nach, feature yang lain bisa dipakai oleh siswa di Google Classroom ialah berhubungan dalam kelas yang diselenggarakan, baik itu lewat e-mail atau langsung di aplikasi.

Feature untuk orangtua siswa

BACA JUGA  6 Aplikasi Streaming Bola Gratis Terbaik 2022

Sama seperti yang telah disebut awalnya, orangtua siswa bisa juga mempunyai akses ke Google Classroom. Mereka dapat memperoleh e-mail dengan teratur tentang hasil kerja anaknya dan menyaksikan semua kegiatan yang digerakkan.

Jika umumnya faksi sekolah harus mengontak lewat group orangtua siswa atau bahkan juga satu demi satu, Google Classroom membuat mereka dapat lakukan itu semua dari 1 basis.

BACA JUGA  Langkah Mematikan Avast Sementara Dengan Gampang,Yok Kita Coba?

Feature untuk faksi administrasi

Faksi administrasi yang umumnya mengurusi agenda dan masalah berkaitan edukasi bisa juga atur itu semua dari Google Classroom, lho. Mereka dapat menyiapkan kelas, daftar nama, dan pastikan keamanan data dengan pilih siapa yang mempunyai akses ke kelas itu.

Feature lain dari Google Classroom yang dapat mereka pakai ialah menambahkan atau keluarkan siswa atau guru dari kelas yang berjalan.

BACA JUGA  10 Aplikasi Booking Hotel Murah dan Gampang

Keunggulan Google Classroom 

Dari keterangan berkenaan apakah itu Google Classroom dan feature yang berada di dalamnya, tentu kamu bisa menyaksikan apa keunggulan service ini. Walau demikian, Glints tetap membuat daftar kelebihannya supaya kamu makin memahami dan tertarik.

Guru dapat lakukan beberapa pekerjaan dari 1 tempat

Sama seperti yang telah disebut berulang-kali di atas, guru dan faksi administrasi dapat lakukan sebagian besar pekerjaannya langsung disini. Mereka dapat memberi pekerjaan, mempersiapkan materi evaluasi, memberi penilaian, mengontak faksi orangtua, langsung dari Google Classroom.

BACA JUGA  Facebook Keluarkan Layanan Bulletin

Perlu menambahkan materi di tengah kelas? Tenang saja, karena kamu tinggal ambil document yang telah disimpan di Google Drive atau materi apa saja yang berada di internet.

Benar-benar mempermudah, kan?

Komunikasi dan kerja-sama lancar

Keunggulan lain dari Google Classroom ialah komunikasi dan kerja-sama menjadi lebih lancar, darimanakah juga peserta kelas ada.

BACA JUGA  10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun di Android

Bisa jadi kamu mengajarkan siswa yang berada di Indonesia, dan diri kamu ada di Eropa, misalkan. Karena berbasiskan situs, semua komunikasi bisa dilaksanakan secara real-time seperti jika berada di kelas biasa.

Guru bisa mengawali kelas, memberi pekerjaan yang dapat ditangani bersama, dan siswa dapat lakukan dialog untuk melakukannya. Maka jika mendadak ada yang berasa kesusahan dan perlu kontribusi, mereka perlu bertanya langsung di dialog saja.

BACA JUGA  10 Aplikasi Booking Hotel Murah dan Gampang

Tidak cukup dengan siswa saja, komunikasi dengan orangtua menjadi lebih gampang karena mereka akan mendapatkan laporan dengan teratur.

Document disimpan yang rapi dan aman

Keunggulan lainnya dari Google Classroom ialah semua document disimpan dengan aman lewat produk Google yang lain. Maka baik guru atau siswa tidak perlu repot memisah dari timbunan kertas yang amburadul untuk cari apa saja itu.

BACA JUGA  10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun di Android

Guru dapat simpan bahan ajar di satu folder, sama seperti dengan siswa yang dapat simpan semua pekerjaan dan ujian di folder mereka sendiri.

Tidak itu saja, karena Google Classroom terpadu dengan Google Suite for Education, ini memiliki arti tidak ada iklan yang hendak melalui didalamnya. Oleh karena itu, tidak perlu takut ada data yang dipakai untuk keperluan iklan dan sebagainya.

BACA JUGA  9 Aplikasi Gambar Android Gratis 2021

Pokoknya, Google Classroom ialah service yang memudahkan seluruh pihak, dimulai dari guru sampai orangtua siswa.

Mudah-mudahan sesudah membaca artikel ini kamu jadi berminat untuk memakai service ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *