Aplikasi BPJS Kesehatan

DAFTAR ISI

Sekarang ini, warga telah terlatih memakai aplikasi mobile untuk beragam masalah, dari sekedar komunikasi, transportasi sampai berbelanja. Karenanya, pemerintahan punyai aplikasi BPJS Kesehatan untuk mempermudah servis pada warga.

Aplikasi BPJS Kesehatan memungkinkannya kamu untuk terhubung info berkaitan kepesertaan, lokasi sarana kesehatan paling dekat yang berkaitan dengan BPJS, info pungutan sampai replikasi servis.

BPJS Kesehatan terus berusaha meng-upgrade aplikasi ini supaya makin menolong pasien seperti mengaplikasikan mekanisme antrean electronic. Dasarnya, tidak perlu takut kembali dech terkait dengan birokrasi kesehatan.

BACA JUGA  5 Aplikasi Kasir Android

Buat kamu yang menjadi peserta tetapi baru pertama kalinya memakai aplikasi ini, berikut langkah mengaktifkan aplikasi BPJS kesehatan di handphone.

  • Buka fitur Playstore
  • Ketik “Mobile JKN” pada kolom pencarian lalu klik Unduh
  • Setelah selesai diunduh, buka aplikasinya dan kamu akan menemukan halaman login
  • Klik Daftar lalu pilih Aktivasi Akun
  • Kamu akan diminta untuk menginput nomor Kartu BPJS, No KTP/NIK, Tanggal Lahir, dan nama Ibu Kandung
  • Masukkan email dan dan nomor handphone untuk keperluan aktivasi
  • Bila akun sudah aktif, kamu dapat langsung login dengan memasukkan Nomor Kartu BPJS/Email/Username dan Password.
BACA JUGA  4 Aplikasi Pengecil Ukuran Foto di PC / Laptop Kamu

Melakukan pendaftaran dan perubahan data peserta secara online, tidak perlu datang ke kantor BPJS!

Jika kamu belum tercatat sebagai peserta JKN – KIS, aplikasi ini dapat dipakai untuk lakukan registrasi. Triknya lumayan gampang, kamu perlu mempersiapkan Nomor KTP dan data diri saja.

  • Pilih Menu Pendaftaran Peserta Baru
  • Klik Saya Setuju setelah kamu membaca Syarat dan Ketentuan
  • Masukkan nomor NIK KTP, lalu klik Cari
  • Aplikasi akan menampilkan data peserta BPJS sesuai dengan Kartu Keluarga yang terdaftar di Dukcapil
  • Bila saat pencarian NIK tidak muncul, kamu perlu mendatangi Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat untuk memperbarui data.
  • Selanjutnya, kamu bisa melakukan pendaftaran
  • Isi data diri secara lengkap
  • Pilih Faskes 1 (fasilitas kesehatan tingkat pertama) dan faskes gigi
  • Masukkan email dan nomor handphone untuk mendapatkan kode verifikasi
  • Buka email kamu dan masukkan kode verifikasi ke pop up yang muncul di aplikasi.
  • Tekan tombol verifikasi.
BACA JUGA  10 Aplikasi Booking Hotel Murah dan Gampang

Usai, kamu telah sah tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan. Gampang, kan? Mekanisme akan secara automatis mengirim nomor Virtual Akun ke masing-masing peserta supaya kamu dapat bayar pungutan lewat ATM atau service pembayaran yang lain.

Selainnya lakukan registrasi peserta baru, aplikasi Mobile JKN dapat dipakai untuk mengupdate data. Kamu tinggal tentukan feature Ganti Data Peserta dan ubah di bagian yang ingin diganti.

BACA JUGA  Mengenal Aplikasi SAP di Indonesia

Aplikasi akan minta klarifikasi e-mail dan nomor smartphone setiap kamu lakukan peralihan data.

Aplikasi Mobile JKN menyimpan informasi data peserta dan keluarga tanggungan

Feature Mobile JKN bisa memberi info peserta BPJS Kesehatan komplet dengan data keluarga yang tercatat. Data personal dan faskes opsi akan diperlihatkan berbentuk tabel untuk semuanya peserta.

BACA JUGA  Ada BabyTKO, Program Transaksi bisnis Token Kripto di Indonesia

Di bagian ini, kamu bisa menyaksikan photo kartu JKN-KIS yang serupa dengan kartu fisiknya. Harus diingat, info yang tertera dalam aplikasi ini berisikan data yang peka karenanya pakai secara berhati-hati, ya!

Cek tagihan dan bayar iuran jadi lebih mudah

Bayar pungutan BPJS makin gampang dengan feature Bill. Check pungutan yang perlu dibayar tiap peserta keluarga dengan pilih feature Premi.

BACA JUGA  4 Referensi Aplikasi Perekam Layar PC dan Netbook

Feature Bill aplikasi Mobile JKN berisi sistem pembayaran yang dapat kamu tentukan seperti transfer bank atau kanal pembayaran yang lain seperti Tokopedia dan Alfamart. Kamu perlu memakai virtual akun sebagai code pembayarannya.

Kisah pembayaran pungutan BPJS diperlihatkan dalam feature Catatan Pembayaran, komplet dengan denda-denda yang sudah dibayar. Maka kerjakan pengujian sesudah mentransfer pembayaran, ya!

BACA JUGA  Daftar 5 Aplikasi Lagu Untuk di Download

Mobile JKN memberikan kemudahan mendapatkan layanan fasilitas kesehatan atau KIS digital.

Aplikasi Mobile JKN terus diperkembangkan agar mempermudah servis untuk warga. Terkini, aplikasi ini punyai feature untuk memeriksa tersedianya kamar di dalam rumah sakit yang bekerja bersama dengan BPJS Kesehatan.

Buat kamu yang membutuhkan tiba ke kantor BPJS paling dekat, aplikasi ini menyuguhkan Info lokasi kantor cabang atau kantor regional. Secara automatis aplikasi akan tampilkan lokasi di peta digital hingga dapat kamu susuri secara mudah.

BACA JUGA  Tampilan Window 11 Bocor, Seperti Apa?

Hebatnya kembali, aplikasi Mobile JKN telah seperti alternatif kartu JKN-KIS fisik yang kemungkinan gampang lenyap atau hancur. Kamu perlu memperlihatkan kartu BPJS JKN-KIS yang ada dalam aplikasi ke rumah sakit atau sarana kesehatan yang lain.

Tak perlu cemas kembali dech kehilangan kartu BPJS saat dibutuhkan.

Menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi JKN KIS via Aplikasi 

BPJS Kesehatan sediakan sarana aduan dan keinginan info sekitar JKN KIS baik lewat call-center atau pesan text tercatat.

BACA JUGA  Aplikasi Untuk Membuat Poster Terbaik 2021

Pada aplikasi Mobile JKN, kamu cukup terhubung feature Aduan Keluh kesah lalu isi formulir yang ada.

Sertakan nomor kartu, kelompok keluh kesah dan lokasi lalu catat persoalan yang kamu rasakan dengan singkat, dan terang. Faksi BPJS akan selekasnya memberikan keterangan komplet lewat e-mail yang tercatat di aplikasi.

Untuk info yang bisa lebih cepat, kamu bisa mengontak call-center 24 jam di nomor 1500400.

BACA JUGA  Mengenal Aplikasi SAP di Indonesia

Mendaftarkan pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

Dalam mekanisme referensi, BPJS Kesehatan mengaplikasikan mekanisme bertahap supaya warga dapat manfaatkan sarana kesehatan paling kecil lebih dulu seperti Puskesmas atau klinik umum. Maksudnya untuk menghindar penimbunan keinginan servis di dalam rumah sakit.

BACA JUGA  4 Aplikasi Pengecil Ukuran Foto di PC / Laptop Kamu

Servis kesehatan dasar yang bisa dilaksanakan di Puskesmas, klinik atau dokter umum disebutkan Sarana Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Sementara pasien yang memerlukan servis kesehatan oleh dokter specialist atau dokter gigi specialist bisa ditunjuk ke Sarana Kesehatan Tingkat Ke-2 (Faskes II).

Sarana Kesehatan Referensi Tingkat Kelanjutan (FKRTL) diperuntukkan untuk pasien yang memerlukan pengatasan selanjutnya atau karena sarana pada tingkat pertama kurang mencukupi.

BACA JUGA  Tampilan Window 11 Bocor, Seperti Apa?

Sekarang ini, aplikasi Mobile JKN dapat digunakan untuk lakukan registrasi ke Sarana Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Sarana Kesehatan Referensi Tingkat Kelanjutan (FKRTL).

Ingat-ingatlah di Puskesmas mana kamu memberikan Faskes 1 di saat lakukan registrasi. Ini karena kamu cuman dapat berobat ke Faskes yang kamu tentukan.

Pada feature Registrasi Servis akan ada Faskes yang tercatat dan info apa sedang membuka atau mungkin tidak. Yakinkan saat kamu mendaftarkan Faskes dalam status “Membuka”.

BACA JUGA  Aplikasi Untuk Membuat Poster Terbaik 2021

Isi formulir yang ada dan poli tujuan lalu kamu akan mendapatkan nomor antrean. Jika antrean kamu terlewatkan, kamu bisa mengulang-ulang registrasi antrean.

Feature antrain electronic ini benar-benar menolong khususnya dalam periode wabah COVID-19. Membuat kamu tidak perlu menanti kelamaan di Puskesmas atau Rumah Sakit.

Mekanisme info dari Sarana Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Sarana Kesehatan Referensi Tingkat Kelanjutan (FKRTL) telah terpadu hingga proses referensi juga menjadi lebih gampang.

BACA JUGA  Aplikasi Membuat Poster di PC 2021

Itu sejumlah fitur dalam aplikasi BPJS Kesehatan yang bisa menolong kamu memperoleh akses JKN-KIS. Dengan makin gampangnya akses info dan service yang sekarang ini telah ada pada pegangan, keinginannya warga menjadi lebih perduli dengan BPJS Kesehatan.