5 Aplikasi Pajak Tahun 2021

Bersamaan dengan perubahan tehnologi info, pemerintahan Indonesia tingkatkan service perpajakannya untuk memaksimalkan akseptasi negara. Minimal telah ada 5 aplikasi pajak tahun 2021 yang telah aktif bekerja dan dapat dipakai harus pajak.

BACA JUGA  8 Aplikasi Pinjam Uang Online

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai faksi yang mengurus akseptasi negara dari bidang pajak juga mengeluarkan service pajak lewat cara online yaitu DJP online dan beberapa aplikasi pajak yang lain.

5 Aplikasi Pajak Tahun 2021

Berikut ialah aplikasi pajak yang telah ada dan aktif dipakai di tahun 2021, apa sajakah? Silahkan baca ringkasan nya berikut ini:

BACA JUGA  Fitur Aplikasi Game Guardian Terbaru untuk Android

1. e-Registration: Daftar Sebagai Wajib Pajak

e-Registration atau Mekanisme Registrasi Harus Pajak secara Online ialah mekanisme aplikasi yang disebut sisi dari Mekanisme Info Perpajakan DJP.

e-Registration (e-reg) berbasiskan piranti keras dan piranti lunak yang disambungkan oleh piranti komunikasi data yang dipakai untuk mengurus proses registrasi harus pajak.

Mekanisme ini terdiri jadi dua sisi. Pertama, mekanisme yang dipakai oleh harus pajak yang berperan sebagai fasilitas registrasi harus pajak lewat cara online. Ke-2 , mekanisme yang dipakai oleh petugas pajak yang berperan untuk mengolah registrasi harus pajak.

BACA JUGA  Daftar 10 Aplikasi Gabung Foto di Handphone

2. e-Filing: Lapor Pajak Online

e-Filing ialah proses laporan Surat Pernyataan (SPT) lewat cara online dan real time memakai koneksi internet. Aplikasi e-Filing pada DJP online bisa Anda akses di djponline.pajak.go.id.

Harus pajak bisa memakai aplikasi e-Filing untuk memberikan laporan beberapa SPT dimulai dari SPT PPh Pasal 21/26, SPT PPh Orang Individu, SPT PPh Pasal 4 ayat 2, SPT PPN, dan SPT PPh Pasal 22.

BACA JUGA  6 Fitur di Aplikasi Zoom, Wajib Anda Tahu

e-Filing DJP sediakan formulir SPT 1770SS dan 1770S yang dapat diisi langsung. Tetapi untuk laporan SPT 1770 dan 1771, harus pajak perlu mengambil formulir SPT lewat e-SPT atau e-Form dan isi SPT secara off-line. Baru kemudian SPT disampaikan dengan mengupload file CSV SPT yang telah diisi lewat DJP Online.

Aktivitas e-Filing tidak cuman dapat dilaksanakan lewat DJP online saja. Anda bisa juga memakai feature e-Filing pada penyuplai service SPT electronic yang lain, yang bahkan juga dapat dipakai untuk melapor semakin banyak tipe SPT.

BACA JUGA  Begini Cara Download Aplikasi Youtube Go untuk PC

DJP dengan cara resmi umumkan jika harus pajak bisa juga lakukan e-Filing di Application Sevice Provider (ASP). Satu diantaranya ialah OnlinePajak, yang memberi service laporan pajak individu atau pajak tubuh.

3. e-SPT: Buat SPT online

e-SPT atau electronic Surat Pernyataan ialah formulir laporan pajak berupa electronic.

Aplikasi yang dibikin oleh Dirjen Pajak dikeluarkan semenjak tahun 2008. Aplikasi ini bisa mengeluarkan e-SPT Periode atau SPT Tahunan.

BACA JUGA  10 Aplikasi Olahraga Pilihan di Android

Harus pajak bisa memakai e-SPT untuk memberikan laporan perhitungan atau pembayaran pajak, object pajak dan bukan object pajak, dan harta dan kewajiban, sesuai ketetapan perundang-undangan di bagian perpajakan.

Sama dengan tipe service pajak online yang lain, service e-SPT bisa juga Anda peroleh di ASP OnlinePajak.

Formulir SPT electronic dapat Anda dapatkan pada feature serahkan dan melapor. Anda bisa isi SPT lewat cara online di aplikasi OnlinePajak dan menyampaikannya langsung memakai service e-Filing.

BACA JUGA  5 Aplikasi Kasir Android

Jika sudah mempunyai SPT dari DJP, Anda bisa juga mengupload file CSV SPT Anda untuk langsung disampaikan ke DJP melelui feature e-Filing OnlinePajak.

4. e-Billing: Pembayaran Pajak Online

e-Billing ialah sistem pembayaran pajak secara electronic memakai code billing. Seperti e-Filing, service e-Billing ini bisa juga Anda akses pada situs DJP Online.

BACA JUGA  5 Aplikasi Kredit HP yang Mudah Digunakan

Code billing sendiri sebagai code analisis berbentuk serangkaian angka yang diberi lewat mekanisme billing sama sesuai status tipe pajak yang ingin dibayarkan.

Sementara, billing sistem ialah mekanisme yang mengeluarkan code billing sebagai alternatif Surat Setoran Pajak (SSP), Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP), dan Surat Setoran Pengembalian Berbelanja (SSPB).

Selainnya lewat DJP Online, pembikinan code billing dapat dilaksanakan pada Situs Portal Akseptasi Negara, Bank/Pos Pemahaman, lewat petugas DJP, atau ASP seperti e-Billing OnlinePajak.

BACA JUGA  Referensi 7 Aplikasi Pemotong Lagu Mudah Digunakan di Android

Saksikan Langkah Buat ID Billing Sekalian Bayar Pajak di Satu Aplikasi Saja!

5. e-Faktur: Bukti Faktur Pajak Online

e-Faktur ialah aplikasi untuk membikin Faktur Pajak Electronic atau bukti pungutan PPN secara electronic, yang pengisiannya dilaksanakan secara electronic lewat aplikasi atau web.

Aplikasi e-Faktur disiapkan oleh DJP, dan penyuplai jasa aplikasi pajak (PJAP) sah yang dipilih oleh DJP. Harus pajak bisa juga ajukan permintaan seri faktur pajak dan sertifikat digital lewat aplikasi e-Faktur.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Pinjaman Online

Faktur Pajak umumnya dibikin Pebisnis Terkena Pajak (PKP) sebagai bukti pungutan pajak atas transaksi bisnis Barang Terkena Pajak (BKP) atau Jasa Terkena Pajak (JKP).

Aplikasi e-Faktur desktop dari DJP ada untuk mekanisme operasi:

  • Linux 32 bit (EFaktur_Lin32.exe) dan 64 bit (EFaktur_Lin64.exe);
  • MacOS 64 bit (EFaktur_Mac64.exe); dan
  • Windows 32 bit (EFaktur_Windows_32bit.exe) dan 64 bit (EFaktur_Windows_64bit.exe)
BACA JUGA  Referensi 7 Aplikasi Pemotong Lagu Mudah Digunakan di Android

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pajak Tahun 2021

Bila service pajak online yang lain membuat Anda harus mengambil banyak aplikasi secara terpisah, di OnlinePajak Anda tidak perlu lakukan hal itu.

OnlinePajak bisa Anda akses lewat operating sistem apa, seperti Microsoft, Mac, Linux, dan yang lain . Maka Anda tidak perlu meng-install apa saja pada piranti Anda, dan cicipi bermacam keringanan dari 1 aplikasi berbasiskan cloud OnlinePajak.

BACA JUGA  8 Aplikasi Pinjam Uang Online

Tidak cuman serahkan dan melapor pajak, OnlinePajak bisa juga dengan automatis hitungkan pajak Anda. Hingga harus pajak terbebas dari koreksi oleh kantor pajak.

Data Anda akan disimpan aman karena OnlinePajak sudah kantongi ISO 27001, sertifikasi keamanan dan kerahasiaan info dari instansi sertifikasi standard usaha terpenting, BSI.

Dengan feature multi-user, OnlinePajak memungkinkannya Anda untuk mengundang rekanan kerja yang turut mengurus atau mempunyai kuasa terhubung data perusahaan. Hingga tugas Anda jadi lebih gampang dengan data disimpan di satu tempat memakai mekanisme cloud kami.

BACA JUGA  Fitur Aplikasi Game Guardian Terbaru untuk Android

Kalkulasi, Serahkan, Melapor Pajak, tuntaskan pada sebuah aplikasi OnlinePajak!