6 Fitur di Aplikasi Zoom, Wajib Anda Tahu

Wabah korona yang tetap berjalan sudah memaksakan dunia terhitung Indonesia untuk berpindah dalam berbicara, bekerja, dan belajar lewat cara online. Mengakibatkan, piranti lunak video pertemuan benar-benar disukai. Untuk itu ada aplikasi zoom.

Rintangan khusus untuk lakukan presentasi virtual ialah Anda tidak bisa menyaksikan audience Anda langsung dengan aplikasi zoom. Demikian pula, mereka tidak bisa menyaksikan Anda langsung juga.

BACA JUGA  Langkah Menghapus Aplikasi di PC Netbook Sampai Bersih

Tapi, satu perihal yang bisa Anda alami ialah mereka bisa secara mudah tidak turut serta dengan presentasi Anda, karena ada beragam masalah.

Launch Pemasaran (2018) lakukan jajak opini ke satu kelompok profesional dengan bertanya, “Apalagi yang Anda kerjakan dalam acara video pertemuan ?”

Hal itu bukan informasi baru untuk siapa saja, karena sekarang ini kita hidup di dunia yang gampang berpindah perhatian. Dan, jajak opini ini betul-betul memperkuat hal tersebut.

BACA JUGA  Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Semua Handphone

Nick Morgan dalam Forbes (2012) mengatakan jika orang mempunyai bentang perhatian yang lebih pendek dalam tatap muka virtual. Mayoritas rapat berjalan sepanjang satu jam. Sesudah sekitaran sepuluh menit di dalam lingkungan virtual, karena itu orang condong gampang untuk kehilangan ketertarikan pada tatap muka virtual itu.

Tantangan-tantangan itu memunculkan permasalahan bahkan juga untuk komunikator yang luar biasa sekalinya. Pembawa acara umumnya berasa seakan-akan mereka bicara dalam kehampaan, yang membuat mereka berasa tidak sadarkan diri dan teraniaya. Mayoritas dari kita tidak ada pada keadaan yang terbaik saat kita pada keadaan yang grogi.

BACA JUGA  7 Aplikasi Unfollow Instagram di Android

Kabar baiknya, Anda bisa membuat audience Anda turut serta dengan manfaatkan sejumlah fitur yang disiapkan aplikasi video pertemuan seperti Zoom. Anda bisa aktifkan dengan lakukan beberapa kegiatan tertentu tiap sepuluh menit untuk jaga audience Anda masih tetap turut serta dalam presentasi Anda.

Silahkan kita susuri satu demi satu.

Feature Zoom # 1 : Chat

Peserta bisa mengirimi pertanyaan mereka atau mereka bisa memberi komentar apa yang Anda berikan dalam presentasi Anda, dan Anda bisa putuskan apa Anda bereaksi pada mereka selekasnya atau sesudah presentasi Anda.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Pinjaman Online

Memakai chat bisa memberi audience Anda opsi dan menggerakkan keterkaitan dengan memungkinkannya semakin banyak audience berhubungan dengan kegiatan langsung daripada sekedar hanya dengarkan presentasi Anda.

Sepanjang presentasi Anda bisa minta audience untuk ajukan pertanyaan, yang selanjutnya Anda jawab langsung atau diakhir sesion presentasi. Host (tuan-rumah) dari Zoom yang menolong Anda dalam presentasi virtual bisa mengawasi percakapan dan kumpulkan pertanyaan saat mereka masuk. Dan, Anda dapat memberi peluang pada audience Anda agar bisa memberi komentar pertanyaan itu.

BACA JUGA  9 Aplikasi Gambar Android Gratis 2021

Feature Zoom # 2 : Raise Hand

Saat berperan serta dalam presentasi dengan memakai Zoom, karena itu audience Anda harus menghargai ketentuan tertentu. Presentasi virtual kemungkinan terlihat lebih rileks, karena audience Anda bisa berperan serta dari rumah mereka sendiri yang nyaman atau tempat yang lain yang asyik. Tetapi, ada seperangkatan ketentuan yang bisa membuat presentasi jadi lebih efisien.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC

Salah satunya ketentuannya ialah jika audience Anda jangan mulai bicara kapan saja mereka ingin, karena hal tersebut bisa mengubah perhatian Anda sebagai pembawa acara dan audience yang lain. Mereka harus dengan santun mengusung tangan untuk memberitahu pembawa acara atau tuan-rumah (host) jika mereka mempunyai suatu hal untuk disebutkan, dan menanti sampai Anda usai bicara.

BACA JUGA  Cara Kunci Aplikasi di Window 10

Tapi bagaimana mereka mengusung tangan sepanjang presentasi ?

Walau aplikasi Zoom benar-benar efisien untuk memungkinkannya mereka untuk berperan serta dalam presentasi dengan memakai handphone pintar mereka, tetapi beberapa orang masih lebih sukai memakai computer individu mereka. Mayoritas orang berasa nyaman memakai computer individu mereka, karena mereka bisa membuat catatan pada computer individu mereka, sementara orang yang lain berasa computer individu lebih gampang untuk lakukan navigasi.

Langkah memakai feature Raise Hand dengan memakai computer individu dengan lakukan :

BACA JUGA  5 Aplikasi Pajak Tahun 2021

Maka peranan feature Raise Hand ini bermanfaat untuk dipakai saat seorang peserta ingin memperoleh gantian untuk bicara tanpa mengusik siapa saja. Dalam masalah ini, pembawa acara akan menyaksikan icon Raise Hand di samping nama peserta dalam perincian dan bisa memberikannya gantian untuk bicara.

Feature Zoom # 3 : Breakout Room

Mengoptimalkan hubungan antara peserta ialah arah yang penting diraih dalam presentasi online, tapi presentasi itu kerap kali jadi tidak produktif, karena audience Anda tidak punyai cukup waktu untuk berbicara.

BACA JUGA  Instagram Bakal Bikin Konten Berbayar di Stories

Aplikasi Zoom tawarkan jalan keluar untuk permasalahan ini dengan memungkinkannya peserta untuk tergabung di di dalam ruangan yang terpisah di mana mereka bisa membahas topik tertentu yang Anda beri.

Langkah terbaik untuk aktifkan kerja secara bergerombol dalam aplikasi Zoom dengan memakai Breakout Room. Anda bisa memutuskan beberapa sesion terpisah untuk peserta di mana mereka cuman bisa berhubungan dengan anggota group mereka.

Breakout Room berperan secara baik untuk bekerjasama dan membahas topik tertentu dari presentasi yang Anda berikan. Sesudah berunding di Breakout Room, misalkan, satu anggota group bisa membagi penemuan atau gagasan groupnya ke peserta yang lain.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Penghapus Objek Terbaik di Android

Feature Zoom # 4 : Polls

Sudah pernahkah Anda memerlukan ice breaker atau ingin memengaruhi audience Anda untuk selalu konsentrasi pada presentasi online Anda ?

Saat orang mendatangi presentasi virtual, ada beberapa peluang masalah dan tidak selamanya gampang untuk selalu konsentrasi sepanjang sesion presentasi. Terlebih bila Anda melangsungkan presentasi yang berjalan lebih dari 15 menit, karena itu Anda perlu memberikan semuanya orang peluang untuk berperan serta.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Penghapus Objek Terbaik di Android

Polling (jajak opini) ialah feature Zoom yang terkenal yang bisa lakukan hal itu.

Anda bisa membuat sesion presentasi Anda lebih aktif dan aktifkan peserta untuk isi Polls (jajak opini).

Distribusikan beberapa saat untuk isi jajak opini untuk ketahui opini peserta atau untuk mengecek pengetahuan mereka pada sesuatu yang sudah Anda berikan. Itu akan memberi semuanya orang, terhitung Anda, interval mini dan peluang untuk konsentrasi kembali.

BACA JUGA  7 Aplikasi Unfollow Instagram di Android

Interval kecil ini bisa membuat content presentasi Anda masih tetap aktif sekalian memberikan semuanya orang peluang untuk berperan serta dan konsentrasi kembali.

Ingat saja ketentuan emas ini sepanjang Anda presentasi. Bikinlah semua sesuatunya mengenai mereka, bukan mengenai Anda. Anda dapat menjelaskan, “Dengan jawab pertanyaan ini, karena itu Anda akan mendapatkan faedah dengan berikut …”

Feature Zoom # 5 : Whiteboard

Bila Anda ingin memungkinkannya diri Anda atau peserta presentasi untuk menunjuk ke suatu hal atau bekerjasama secara bertepatan di monitor bersama, karena itu feature whiteboard ialah alat karena itu.

BACA JUGA  5 Aplikasi Pajak Tahun 2021

Whiteboard ialah feature yang memungkinkannya Anda membuat papan catat digital di mana Anda bisa membuat catatan, menggambar, dan membuat tipe anotasi yang lain. Seorang pembawa acara bisa memberi audiensnya representasi visual atas sesuatu yang dia berikan. Di saat yang serupa, whiteboard ini bisa berperan sebagai alat kolaboratif yang bisa dituruti oleh semuanya orang.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Pinjaman Online

Hasil catatan pada Whiteboard nanti bisa ditaruh dalam pola file PNG (Portable Network Graphics) yang bisa dipakai kembali oleh peserta presentasi untuk rekomendasi pada periode kedepan.

Feature Zoom # 6 : Annotation

Feature Annotation memungkinkannya Anda untuk mencorat-coret, menyorot, dan menyelipkan text pada apa saja yang berada di monitor bersama yang bisa berbentuk slide, document, atau website. Feature ini benar-benar bermanfaat untuk mengundang perhatian audience Anda pada ide tertentu atau untuk memberi komentar slide yang Anda hadirkan.

BACA JUGA  Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Semua Handphone

Ketidaksamaan di antara Annotation dan Whiteboard ialah jika Annotationmemungkinkan Anda menggambar atau memberi komentar di monitor bersama, sementara Whiteboard memungkinkannya Anda menggambar di monitor putih kosong. Ke-2 feature ini memungkinkannya kerjasama secara berbarengan.

Demikian, 6 feature Zoom yang penting Anda kenali untuk membikin audience Anda turut serta dalam presentasi online Anda. Ke enam feature itu ialah chat, raise hand, breakout room, polls, whiteboard dan annotation.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.