Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Classroom Untuk Belajar

Google Classroom ialah sebuah service berbasiskan situs yang diperkembangkan Google untuk edukasi jarak jauh. Beragam kelebihan yang dipunyai oleh Google Classroom untuk belajar. Lewat Google Classroom, pendidik dapat membagi pekerjaan ke siswa, lakukan penilaian (grading), memberi masukan, sampai sama-sama tukar file dengan siswa. Apa saja sih aplikasi classroom untuk belajar ini?

BACA JUGA  Upgrade Window 11 Gratis untuk Pengguna Windows 7 dan 8.1

Tentu saja masih banyak kelebihan Google Classroom yang lain membuat basis satu ini sanggup memudahkan proses evaluasi lewat cara online. Beberapa salah satunya dapat Anda tunjukkan berikut ini.

Terpadu dengan service Google for Education yang lain

Google Classroom sebagai salah satunya service favorit dari Google for Education, rangkaian produk dan aplikasi yang diperkembangkan Google untuk keperluan pembelajaran. Service lain dalam Google for Education ialah Google Workspace for Education, yang meliputi banyak aplikasi keproduktifan Google seperti Docs, Gmail, Calendar, Drive, Meet, dan ada banyak kembali.

BACA JUGA  10 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun di Android

Nach, beragam aplikasi itu sudah terpadu dengan Google Classroom hingga proses evaluasi menjadi lebih ringkas dan efektif. Misalnya, saat Anda membuat pekerjaan dengan deadline baru di Google Classroom, deadline itu akan secara automatis terdaftar pada Google Calendar.

Sebagai contoh lain, file pekerjaan yang dihimpun siswa langsung bisa disimpan di Google Drive. Ingat jika Google Drive berbasiskan cloud, Anda tidak pakai repot mengambil file satu demi satu untuk menilainya karena semua bisa dijangkau lewat cara online.

BACA JUGA  5 Aplikasi Pemotong Video Terbaik

Semua evaluasi terkonsentrasi pada satu tempat

Karena ada integratif dengan beragam aplikasi Google lain, Google Classroom juga datang sebagai basis terkonsentrasi untuk semua evaluasi. Berikut kelebihan Google Classroom yang bisa memberi keringanan ke pendidik dan siswa.

Pendidik dapat memandang pekerjaan siswa, simpan bahan ajar, sampai membagi pekerjaan pada sebuah aplikasi saja. Di lain sisi, siswa bisa juga menyaksikan semua pekerjaan dalam folder tertentu dan memperoleh masukan pekerjaan dari pendidik. Baik pendidik dan siswa tidak perlu cemas ada file yang lenyap karena semua disimpan aman dalam Google Classroom.

BACA JUGA  Mengenal Aplikasi Gojek ada Banyak Fitur

Memberikan dukungan kerjasama secara efektif

Semenjak awalnya, Google Classroom direncanakan untuk sanggup penuhi keperluan komunikasi dua arah di antara pendidik dan siswa. Cukup dengan demikianlah kerjasama bisa dilaksanakan dengan efisien dan efektif meskipun lewat cara online.

Kelebihan Google Classroom satu ini bisa dirasa lewat banyak langkah. Untuk beberapa pendidik, Anda dapat mengirim pernyataan ke siswa mengenai agenda kelas online atau dialog online. Nanti, siswa punyai peluang untuk memberi masukan ke rekan-rekan mereka dengan menguploadnya ke komunitas dialog di Google Classroom.

BACA JUGA  10 Aplikasi Wallpaper Bergerak di Android

Tolong mengirit waktu, tenaga, dan pemakaian kertas

Sebagai basis evaluasi yang terkonsentrasi, Google Classroom memungkinkannya Anda untuk lakukan beberapa hal secara ringkas. Satu diantara keunggulan Google Classroom yang paling berasa ialah Anda tidak perlu cetak pekerjaan untuk dibagi ke beberapa siswa. Cukup upload soft file ke Google Classroom dan siswa langsung bisa mengaksesnya.

BACA JUGA  Begini Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Sesudah siswa usai kerjakan pekerjaan, pendidik langsung bisa memberi nilai sekalian masukan. Ya, semua tetap dilaksanakan lewat basis Google Classroom. Dengan ini, Anda tidak perlu beralih-pindah aplikasi hingga lebih irit tenaga dan waktu.

Selain itu, karena semua dilaksanakan secara paperless, pendidik dan siswa dapat mengirit pemakaian kertas. Maknanya, sekalian belajar dengan memakai Google Classroom, Anda bisa juga sekalian kurangi resiko imbas jelek pada lingkungan.

BACA JUGA  7 Aplikasi Photo Bergerak Terbaik, Pernah Coba?

Siswa dapat semakin cepat memperoleh masukan dari pendidik

Salah satunya sumber evaluasi siswa tidak cuman dari materi yang dikatakan pendidik, tetapi juga masukan yang diberi lewat penilaian pekerjaan. Lewat Google Classroom, ini dapat secara mudah dilaksanakan karena ada feature Grading atau Penilaian.

Pada feature Grading, ada pilihan untuk pendidik untuk mengawasi progress pekerjaan tiap siswa. Pendidik dapat memberi masukan atau mengubah pekerjaan itu. Nanti, pekerjaan yang sudah di-edit atau mendapatkan masukan bisa dibalikkan ke siswa hingga siswa dapat belajar dari komentar itu.

BACA JUGA  Referensi 4 Aplikasi Webcam untuk PC Kamu

Beragam kelebihan Google Classroom itu direncanakan untuk memudahkan kegiatan evaluasi. Semakin lebih efektif kembali bila Anda abonemen Google Workspace for Education yang memungkinkannya Anda untuk memakai beragam service Google dengan optimal.

Dengan Google Workspace for Education, Anda dapat memperoleh kemampuan penyimpanan Drive yang semakin besar, melangsungkan kelas online di Google Meet dengan semakin banyak simpatisan, dan ada banyak privilege lain yang hendak Anda alami.

BACA JUGA  Aplikasi Edit Foto di Android dan iOS Terbaik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.