Mengenal Aplikasi Google Classroom dan Keunggulannya

Sebagian besar sekolah diistirahatkan oleh pemerintahan di semua Indonesia saat terjadi pandemi covid 19. Beberapa pelajar dikenankan untuk belajar dalam rumah sampai saat yang tidak dapat ditetapkan. Kemendikbud lakukan rangkaian langkah supaya pelajar baik Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK dapat memperoleh materi evaluasi. Salah satunya basis yang memberikan dukungan untuk aktivitas belajar mengajarkan itu ialah aplikasi Google Classroom. Apa sich sebetulnya peranan dan manfaat dari Google Classroom? Baca keterangan ringkas ini.

BACA JUGA  Aplikasi Belanja Online

1. Kenalan dengan Google Classroom

Google Classroom ialah satu aplikasi evaluasi kombinasi lewat cara online yang dapat diperoleh dan dipakai dengan gratis. Classroom sebagai sisi dari G Suite for Education yang datang dalam versus aplikasi mobile. Pemakai harus mempunyai account Google untuk mengaksesnya supaya sama-sama tersambung. Google Classroom terlilit bersama Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan Gmail. Service itu bisa dipakai untuk proses evaluasi.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Aplikasi Download Video di PC atau Netbook

Google Classroom menolong aktivitas belajar mengajarkan jadi lebih produktif dan memiliki makna dengan sederhanakan pekerjaan, tingkatkan kerjasama, dan membangun komunikasi. Pendidik bisa membuat kelas, memberi pekerjaan, mengirimi saran, dan menyaksikan semua cuma di satu tempat. Aplikasi ini ada untuk pemakai iOS dan Android dan pemakai dapat ambil photo dan menyertakan penempatan, beragam file, dan terhubung info secara off-line. Mereka bisa juga sama-sama berhubungan di kotak kometar.

BACA JUGA  Daftar 10 Aplikasi Screen Recorder PC 2021

2. Manfaat

Manfaat Google Classroom ini berbagai macam. Satu diantaranya, pemakai bisa lakukan kerjasama online lebih efektif. Guru atau tutor bisa mengirim pernyataan ke peserta atau pelajar mereka untuk mengawali dialog online atau aktivitas evaluasi tertentu. Peserta berpeluang untuk memberi operan balik ke kawan-kawan mereka dengan mengupload posting langsung ke dialog di Google Classroom. Service ini bermanfaat untuk pelajar yang kesusahan dan memerlukan kontribusi berkaitan satu pekerjaan atau topik tertentu yang diulas.

BACA JUGA  7 Referensi Aplikasi Screen Recorder PC Kamu

Peranan khusus dari Google Classroom untuk tingkatkan faktor evaluasi sosial pengajaran online yang memungkinkannya pelajar memperoleh keuntungan pengalaman dari dan ketrampilan rekanan belajar mereka. Dengan demikian, aplikasi ini memberikan dukungan untuk tingkatkan kerja-sama dan komunikasi antara peserta dan guru.

3. Feature

Saat sebelum memakainya, akan lebih bagus untuk ketahui feature apa yang dijajakan Google Classroom supaya kamu tidak kesusahan. Berikut sejumlah feature pendukung di Google Classroom:

BACA JUGA  Kelebihan Aplikasi Lightroom dibanding Photoshop

Pekerjaan (Assignments)

Tiap pekerjaan yang didownload akan disimpan dan dipandang dengan feature ini. Guru bisa pilih file secara template hingga peserta bisa mengubah salinannya sendiri untuk dikasih nilai. Semua peserta bisa menyaksikan, mengubah, mengopi document yang serupa.

Penilaian (Grading)

Guru atau tutor bisa mengawasi perkembangan pekerjaan pelajar dan memberikan komentar atau mengubah. Sesudah dipandang, pekerjaan cuma dapat di-edit oleh guru.

BACA JUGA  10 Aplikasi Keluarga Sehat di iOS dan Android 2021

Laporan Originalitas

Feature satu ini baru dikenalkan bulan Januari tahun 2020 lalu yang memungkinkannya guru dan pelajar menyaksikan sisi dari kreasi yang disodorkan yang berisi kalimat yang serupa dengan sumber lain. Hingga peserta atau pelajar bisa mengonfirmasi kredibilitas akademis yang dikatakan. Guru bisa aktifkan laporan originalitas untuk tiga pekerjaan.

Keamanan Individu

Google Classroom yang disebut sisi dari G Suite for Education tidak tampilkan iklan pada proses antar-muka dan data pemakai tidak dipindai dan dipakai untuk kebutuhan iklan.

BACA JUGA  Fitur Aplikasi Game Guardian Terbaru untuk Android

4. Keunggulan

Keunggulan dari Google Classroom yakni dapat dijangkau di computer dengan browser apa saja, dimulai dari Krom, Firefox, Internet Explorer, sampai Safari. Aplikasi ini memberikan dukungan launching browser khusus secara terus-menerus. Bahkan ada untuk piranti mobile berbasiskan Android dan Apple. Faedah ke-2 saat memakai Google Classroom, yakni mengirit waktu, tingkatkan kerja-sama dan komunikasi, ringkas, dan ada banyak kembali.

BACA JUGA  10 Aplikasi Wallpaper Bergerak di Android