Keunggulan dan Cara Beli Asuransi Jiwa BCA

Keunggulan dan Cara Beli Asuransi Jiwa BCA

BCA Life selalu fokus untuk bisa membentuk persepsi positif mengenai pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan masyarakat dengan cara selalu memberikan layanan yang bisa memuaskan nasabah dan selalu berkualitas dan inovatif. Hal itulah yang membedakan BCA Life dari perusahaan asuransi jiwa lainnya dan juga perusahaan asuransi ini sudah diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Syarat Mengajukan Asuransi Jiwa BCA

Ada beberapa dokumen yang dijadikan persyaratan kalau kamu ingin mendaftar asuransi jiwa. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Akta Kelahiran
  • Scan atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 54 tahun
  • Uang untuk pembayaran biaya premi pertama
  • Formulir pengajuan asuransi

Kamu bisa mengajukan asuransi jiwa dengan sangat mudah dan bahkan sekarang kamu bisa melakukannya secara online atau langsung atau lewat agen asuransi. Pastikan untuk mengetahui manfaat yang jelas terkait dengan informasi asuransi dan kalau kamu sudah paham dengan baik maka kamu harus menandatangani surat perjanjian.

Surat pengajuan asuransi jiwa adalah berkas yang harus kamu isi dan kamu tandatangani tapi pastikan untuk membaca isi dari surat ini secara teliti sebelum menandatanganinya. Kalau kamu sudah menandatangani surat ini maka kamu bisa membayar premi pertama ke pihak asuransi. Kamu bisa melakukannya dengan uang tunai atau secara transfer.

Cara Beli Asuransi Jiwa BCA

Ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan saat kamu tertarik untuk membeli asuransi jiwa BCA. Berikut ini adalah beberapa cara yang dimaksud.

Menghubungi agen asuransi

Kalau kamu sudah membandingkan banyak perusahaan asuransi dan sudah menemukan perusahaan yang kamu anggap tepat maka kamu harus langsung menghubungi agen asuransi dari perusahaan tersebut. Hal ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Kamu perlu melakukannya supaya kamu bisa mengetahui produk asuransi mana yang tepat. Kamu juga bisa bertanya secara mendetail terkait dengan manfaat dan polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Tidak terburu-buru dan mendiskusikan

Meski kamu sudah melihat gambarannya secara jelas tetapi kamu jangan terlalu terburu-buru karena kamu harus melakukan riset secara lebih dalam lagi dan mendiskusikannya bersama dengan agen asuransi untuk mendapatkan perlindungan yang benar-benar kamu butuhkan.

Memahami ilustrasi asuransi

Ilustrasi asuransi adalah dokumen yang isinya berbentuk gambaran mengenai manfaat asuransi yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga akan mendapatkan gambaran sesuai dengan uang pertanggungan yang bisa kamu terima nantinya. Ilustrasi ini harus kamu pahami secara baik agar kamu tidak salah paham nantinya.

Contohnya pada uang pertanggungan. Uang pertanggungan yang akan kamu terima akan berbeda-beda sesuai dengan risiko yang kamu hadapi dan juga profil yang kamu miliki. Premi asuransi yang semakin besar akan memberikan manfaat uang pertanggungan yang lebih besar pula.

Banyak orang yang sering melakukan kesalahan berikut dimana calon nasabah tidak membaca ilustrasi asuransi dan polis nya secara lengkap sehingga menganggap kalau uang pertanggungan yang dia terima akan berjumlah besar. Padahal ini akan berbeda-beda sesuai dengan nasabah tersebut dan kondisi ketika nasabah mengajukan klaim.

Mengisi SPAJ

Kamu sudah membaca ilustrasi asuransi dengan baik dan benar dan menyetujui semua persyaratan maka kamu bisa menerima surat permintaan asuransi jiwa. Surat yang satu ini berisikan informasi penting yang berhubungan dengan data diri nasabah.

Kamu juga biasanya harus menyertakan dokumen dokumen kesehatan lainnya seperti hasil medical check up supaya kondisi kesehatan kamu bisa diketahui dengan lebih baik lagi serta besaran manfaat pertanggungan yang nantinya akan kamu dapatkan. Kamu harus jujur dalam mengisi surat yang satu ini supaya manfaat asuransi yang kamu dapatkan juga bisa maksimal serta surat ini juga akan menentukan apakah pengajuan kamu bisa diterima atau akan ditolak.

Banyak nasabah yang sering melakukan kesalahan seperti tidak mengisikan informasi dengan jujur mengenai riwayat penyakit yang mereka miliki. Hal itulah yang seringkali membuat pihak asuransi menolak klaim nasabah. Kalau surat ini sudah diisi maka bagian underwriting akan melakukan peninjauan atas kondisi kesehatan yang kamu miliki dan kamu biasanya harus menunggu selama 1 sampai 2 minggu untuk proses seleksi ini.

Melihat hasil seleksi underwriting

Kamu akan melewati proses peninjauan dan seleksi terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan keputusan dari pihak underwriting. Tiga keputusan yang mungkin keluar adalah disetujui, disetujui dengan tambahan premi atau ditolak. Seleksi yang satu ini bisa dilakukan menggunakan pertimbangan beberapa faktor seperti kesehatan dan usia. Kalau nasabah sehat dan tidak memiliki banyak penyakit serta berada dalam usia produktif maka perlindungan yang didapatkan juga akan lebih maksimal.