Mengenal Daftar Istilah dalam Asuransi Kesehatan

Mengenal Daftar Istilah dalam Asuransi Kesehatan

Sudah mulai mempelajari kamus istilah asuransi bahkan sebelum menentukan produk asuransi kesehatan mana yang akan dipilih? Setiap calon nasabah harus mengetahui dan memahami beberapa istilah yang akan sering mereka temukan karena kaitannya yang erat dengan jenis asuransi yang mereka pilih.

Nah, berikut adalah beberapa istilah asuransi kesehatan yang harus kamu tahu:

1. Masa Tunggu

Masa tunggu adalah jangka waktu yang tertanggung harus lalui sebelum dapat mengajukan klaim atas manfaat asuransi kesehatan. Artinya, manfaat asuransi belum bisa digunakan apabila tertanggung mengalami risiko selama masa tunggu.

2. Periode Eliminasi

Periode eliminasi adalah istilah untuk jangka waktu yang harus bertanggung lalui sebelum bisa memperoleh manfaat asuransi yang dijanjikan. Namun berbeda dengan masa tunggu karena periode eliminasi terjadi karena kondisi tertentu yang penanggung atur sehubungan dengan penyakit kritis yang diderita tertanggung. Manfaat asuransi kesehatan tidak akan diberikan apabila tertanggung mengalami risiko dalam periode eliminasi.

3. Rawat Inap (Inpatient)

Rawat inap merupakan asuransi yang memberikan pertanggungan atas biaya perawatan selama tertanggung menjalani rawat inap. Biasanya, biaya tersebut berupa biaya kamar, layanan dokter, obat-obatan, pemeriksaan lab, dan biaya lain sesuai dengan polis yang berlaku.

4. Rawat Jalan (Outpatient)

Tidak semua nasabah asuransi harus menjalani rawat inap, bukan? Mereka yang menjalani rawat jalan bisa mendapatkan manfaat proteksi untuk kebutuhan satu ini. Asuransi rawat jalan akan menanggung berbagai biaya seperti biaya dokter, biaya obat-obatan, dan pemeriksaan lab.

5. Cashless

Dalam asuransi kesehatan, biasanya ada dua opsi pembayaran dan salah satunya adalah cashless. Cashless merujuk kepada fasilitas yang membantu nasabah asuransi membayar biaya tagihan rumah sakit tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya tersebut dengan memberikan kartu keanggotaan yang bisa nasabah asuransi gunakan di berbagai rumah sakit rekanan perusahaan asuransi baik di dalam maupun di luar negeri.

6. Reimbursement

Meski harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai biaya rumah sakit, tetapi nasabah asuransi tidak perlu khawatir akan kehilangan nilai uang tersebut. Pasalnya, asuransi yang menawarkan sistem pembayaran berupa reimbursement akan mengganti uang yang nasabah keluarkan.

Penggantian akan dilakukan oleh perusahaan asuransi melalui klaim asuransi yang nasabah ajukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

7. Hospital Cash Plan

Hospital cash plan adalah istilah asuransi kesehatan yang digunakan untuk jenis asuransi kesehatan yang memberikan uang santunan harian kepada tertanggung saat mereka menjalani perawatan yang mengharuskannya menginap di rumah sakit. Besaran santunan rawat inap diatur dalam polis asuransi, bukan tergantung dari tagihan rumah sakit.